Sabtu, 14 Desember 2013

Para Ahli Pilih SM Entertainment Jadi Agensi Tersukses Selama 2013

Menjelang akhir tahun, para ahli industri musik Korea Selatan memberikan suaranya untuk memilih agensi terbaik. Hasilnya, sebanyak 18 dari 35 pelaku industri seperti produser, komposer, kritikus, PD dan jajaran eksekutif memilih SM Entertainment sebagai agensi tersukses.

"Di SM, SHINee, F(X), EXO dan grup-grup lainnya mencapai kesuksesan dengan caranya masing-masing," ujar Jo Myung Soo, komposer. "SM menunjukkan sistem mereka yang solid."

"Perencanaan SHINee dan EXO sangat mengagumkan," puji kritikus musik Kang Tae Kyu. "Melalui lagu hits, mereka memperbesar fandom dan memiliki penjualan album yang mengagumkan."

YG Entertainment yang menempati peringkat 2 dengan 6 suara dipuji CEO Universal Music Korea Yang Bum Jun sebagai agensi yang membebaskan para artisnya untuk membuat musik sesuka mereka. Fenomena PSY juga ditengarai membawa kesukesan besar bagi YG.

Sementara itu, Starship Entertainment dan Mystic89 terpilih menjadi agensi yang paling berkembang tahun ini meski belum termasuk dalam 3 besar. Mereka berhasil menempatkan para artisnya di tengah serbuan agensi-agensi raksasa.

Starship Entertainment membawahi Sistar, K.Will dan Boyfriend. Sedangkan Mystic89 yang dimiliki penyanyi, pencipta lagu sekaligus komedian Yoon Jong Shin membawahi Lim Kim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar